Selasa, 17 September 2013

PENYUSUNAN 
PENGURUS APSA PTM PERIODE 2013-2018


MAKLUMAT

Assalamu'alaikum Wr Wb.

Teman-teman anggota penngurus prodi maupun dosen akuntansi PTM Se Indonesia yang saya hormati, setelah pertemuan APSA PTM pada Bulan Juni 2012 di UMY, telah di tetapkan dalam rapat pleno APSA PTM Ketua DPP APSA PTM yang Baru yaitu  Ibu Dr. Ietje Nazaruddin SE.,MSI.,Ak. (dari UMY) dan sekaligus ditetapkan Penasehatnya 3 orang yaitu yaitu: Ibu Dr Widya Astuti (UMSU), Ahim Abdurahim (UMY) dan Ibu Ety (UM Malang). Saat itu Juga sudah disusun Rancangan Pengurus DPP APSA PTM lainnya seperti: Sekretaris (I, dan II), Bendahara (I & II), Koordinator Bidang (...), serta Rancangan beberapa pengurus KOMDA APSA PTM di daerah. Karena susunan pengurus tersebut belum lengkap maka pengajuan pengurus DPP dan KOMDA APSA PTM ke majelis DIKTI Pimpinan Pusat Muhammadiyah saya tunda dahulu menunggu kelengkapan kepengurusan. Namun rupanya data rancangan pengurus DPP dan KOMDA APSA PPTM yang belum lengkap tersebut "hilang" beserta harddisknya. Saya mohon maaf atas kelalaian saya tersebut, dan saya bersama Ibu Iejte dan teman-teman lainnya yang berkenan akan berusaha melengkapi  kepengurusan DPP dan KOMDA APSA PTM tersebut. saya sangat berharap teman-teman secara proaktif berkenan mengusulkan diri atau mengusulkan prodi lain untuk menjadi pengurus APSA PTM, dan baik pula memberikan informasi yang kami butuhkan. Kemungkinan anggota maupun pengurus yang dahulu sudah di plot akan ada perubahan karena lupa (datanya hilang) atau usulan prodi akuntansi PTM yang bersangkutan (Misalnya kaprodinya telah berganti dlsb). 

Sekarang saya akan berusaha menginventarisir PTM yang memiliki Program Studi Akuntansi (D1, D3, S1 maupun Paska Sarjana) serta nama dan kontak person ketua program studinya. saya berharap teman-teman yang mengetahui imformasi yang saya butuhkan tersebut untuk menyampaikan informasi kepada saya melalui sms, minimal bapak/ibu mengirimkan infomasi nama lengkap dan nomor hp ketua program studi ditempat bapak/ibu bekerja. (nomor kontak dibawah)

Rencananya susunan pengurus apsa PTM akan disusun sebagai berikut:

Rancangan Pengurus DPP APSA PTM
Penasehat:
1. Dr. Widya astuti, MM, Ak.
2. Ahim Abdurahim, SE.,MSi.,Ak.,SAS.
3. Eny Setyowati, SE.,MM.

Ketua  Umum             : Dr. Ietje Nazaruddin, SE.,MSi,Ak.
Wakil Ketua I  : ....
Wakil Ketua II : ...
Sekretaris Umum
Sekretaris      I : ...
Sekretaris     II : ...
Bendahara    I   :...
Bendahara    II : ...

                 
Koordinator Bidang Kurikulum:
Ketua      : ....
Anggota  : ......

Koordinator Bidang Penelitian dan Pengabdian
Pada masyarakat

Ketua     : ...
Anggota  : ......

Koordinator Bidang Jurnal Ilmiah
Ketua     : ...
Anggota  : ......

Koordinator ...

Ketua      :
Anggota   :


(Susunan Pengurus APSA PTM komisariat daerah (KOMDA) sama denga DPP APSA PTM)

Usulan nama bidang maupun alternatif yang berbeda untuk istilah bidang dapat disampaikan via sms, termasuk apabila tidak setuju dengan usulan diatas. Susunan Pengurus dibuat gemuk dengan harapan semua anggota Apsa PTM dapat diakomodasi masuk kedalam kepengurusan APSA PTM di Pusat dan atau  Daerah. (tujuan nya diantaranya adalah sebagai ikatan keanggotaan dan kekuatan kepemimpinan publik prodi untuk akreditasi maupun keanggotaan dalam asosiasi), Kekhawatiran tidak aktifnya anggota yang jadi pengurus tidak perlu dipermasalahkan karena organisasi ini lebih cenderung berupa paguyuban untuk kemajuan bersama dan mengangkat semua anggota. InsyaAllah pengurus inti akan aktif dan bekerja dengan anggota lain yang relevan dengan kegiatannya.

Struktur Kepengurusan APSA PTM Se Indonesia terdiri dari kepengurusan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) dan kepengurusan Komisariat Daerah (Komda).

1.     Kepengurusan DPP APSA PTM
2.     Kepengurusan KOMDA I APSA PTM ( PTM Aceh, PTM SUMUT, PTM Sumbar dan PTM Riau)
3.     Kepengurusan KOMDA II APSA PTM (PTM Sumsel, PTM Bangka Belitung, PTM, Jambi, PTM Bengkulu, PTM Lampung (Metro))
4.     Kepengurusan KOMDA III APSA PTM (PTM Jabar, PTM Banten dan PTM DKI)
5.     Kepengurusan KOMDA IV APSA PTM  (PTM DIY dan PTM Jateng Sebelah barat DIY)
6.     Kepngurusan KOMDA V APSA PTM (PTM Jateng Sebelah Timur DIY)
7.     Kepengurusan KOMDA VI APSA PTM (PTM Jatim)
8.     Kepengurusan KOMDA VII APSA PTM (PTM Propinsi Sekalimantan)
9.     Kepengurusan KOMDA VIII APSA PTM (PTM Se Sulawesi)
10.  Kepengurusan KOMDA IX APSA PTM (PTM Bali, NTB, NTT)
11.   Kepengurusan KOMDA X APSA PTM (PTM Mauliku, PTM Ambon, dan PTM Se Irian Jaya)

(Pembagian KOMDA mempertimbangkan kemudahan transportasi apabila dilakukan koordinasi maupun kegiatan bersama KOMDA, jika ada usulan yang lebih baik silahkan disampaikan untuk disesuaikan)

Saran saya yang masuk pengurus harian DPP adalah dosen dari prodi yang memiliki kesanggupan untuk dapat berkomunikasi cukup intensif dengan pengurus DPP lainnya baik secara langsung maupun secara digital (telp atau internet), dan prodi yang sudah masuk dikepengurusan DPP tidak menjadi prioritas untuk menjadi pengurus harian di KOMDA, hal ini untuk pemerataan kepemimpinan publik dalam borang prodi. (Kecuali adanya keterbatasan SDM, karena semakin terlibat di DPP dan di KOMDA kepemimpinan publiknya semakin baik)
Yang menjadi Pengurus KOMDA saya usul, adalah prodi yang belum diprioritaskan dalam kepengurusan DPP, dengan tetap mempertimbangkan kemampuan keaktifan untuk menggerakkan organisasi.
Berikutnya, saya dan Bu Ietje juga mengalami kesulitan jika harus berkoordinasi langsung dengan semua anggota APSA PTM di daerah sehingga saya punya usul begini:
1.     Untuk membentuk kepengurusan KOMDA, kepengurusannya akan dibentuk oleh prodi anggota komda itu sendiri (struktur lihat ad/art). DPP hanya menerima struktur komda yang sudah jadi dari hasil diskusi anggota komda. (Tim penyusun saya usulkan tertulis diatas, boleh berubah, namanya juga usulan.. teman... yang penting kompak)
2.     Dalam rapat penyusunan kepengurusan KOMDA juga dibahas calon pengurus DPP APSA PTM  sebagai perwakilan dari KOMDA tersebut sebanyak 2 orang.
3.     Ketua, Pak Ahim, Bu Widya dan Bu Eny, Pak bambang Tutuko, berunding untuk menyusun kepengurusan DPP APSA PTM dengan pertimbangan masunkan dari semua anggota.
4.     Setelah semuanya lengkap kepengurusan DPP dan KOMDA Apsa PTM akan di buat Surat Keputusannya oleh Majelis Dikti Pimpinan Pusat Muhammadiyah.
5.     SK Pengurus APSA PTM akan didistribusikan melalui kantor Ketua Komisariat daerah.
6.     Jalur  komunikasi dikirim melalui email group: apsaptm@gmail.com dan apsaptm@yahoogroups.com.


Saya tunggu infonya melalui sms ke 085643770981 (Ahim Abdurahim) Terima kasih.

Wassalamu'alaikum wr wb

Note: Untuk Info Ad/ART  APSA PTM silahkan lihat di halaman lain dalam blog apsaptm ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar