Rabu, 04 April 2012

Seminar Internasional & Simposium Akuntansi Nasional (SISAN) UMY 2012 Yogyakarta, 4-5 Juni 2012

SEMINAR INTERNASIONAL DAN
SIMPOSIUM NASIONAL AKUNTANSI (SISAN) UMY 2012
YOGYAKARTA

A.   Pendahuluan
Di tengah lingkungan dan praktik bisnis yang terus berubah, penerapan standar baru, dan tuntutan masyarakat terhadap profesi akuntan yang semakin tinggi, perlu sebuah wadah untuk tempat bertemunya para peneliti, akademisi dan praktisi dalam forum ilmiah yang tepat untuk berbagi informasi penelitian terkini dan menemukan relevansi teori dan hasil riset akuntansi dalam praktik bisnis saat ini.
Menghadapi fenomena diatas, Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta bermaksud melaksanakan Seminar Internasional dan Simposium Nasional Akuntansi (selanjutnya disebut SISAN-UMY) di Yogyakarta pada Tahun 2012. SISAN-UMY ini diharapkan dapat menjadi wadah untuk mempresentasikan hasil riset terbaik dalam bidang akuntansi oleh para peneliti, pendidik, mahasiswa, dan praktisi dari seluruh Indonesia dan ASIA, seperti Singapura, dan Malaysia.  Ke depan, SISAN-UMY juga diharapkan akan menjadi agenda rutin yang dilaksanakan oleh Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi UMY.  Simposium ini merupakan wujud dari program Jurusan Akuntansi untuk memajukan bidang akuntansi dan menjembatani gap antara teori dan praktik bisnis serta akuntansi di Indonesia. Dalam SISAN-UMY perdana ini Akuntansi FE UMY akan bekerjasama  dengan semua anggota APSA/Perguruan Tinggi Muhammadiyah di Indonesia.
Simposium ini tentu akan dapat memberi kesempatan bagi masyarakat akuntansi khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya untuk menunjukkan kepedulian terhadap dunia penelitian ilmiah. Manfaat lain, adalah terciptanya komunikasi bisnis, ilmiah, dan budaya secara nasional dan internasional yang pada gilirannya akan memberi dampak kepada praktik bisnis dan ekonomi masyarakat di Yogyakarta.
Forum ilmiah ini akan menjadi forum penting karena diperkirakan akan dihadiri oleh sekitar 150-200 peserta dari kalangan  masyarakat ilmiah, praktisi bisnis dan sektor publik dari seluruh Indonesia dan mancanegara.  Mereka akan mempresentasikan hasil riset dalam bidang akuntansi yang meliputi kajian tentang Akuntansi Sektor Privat, Akuntansi Sektor Publik dan bidang pendidikan.
Hasil dari simposium ini diharapkan akan melahirkan sejumlah solusi alternatif untuk semakin mendekatkan pandangan teori dan hasil riset di dunia ilmiah dengan realitas praktik dalam sektor bisnis dan sektor publik. Hasil akhir dari simposium ini juga diharapkan akan menghasilkan rekomendasi tindakan bagi para pebisnis dan pemerintah untuk meningkatkan kualitas praktik akuntansi di Indonesia.

B.   Nama Kegiatan
Nama kegiatan ini adalah SEMINAR INTERNASIONAL DAN SIMPOSIUM NASIONAL AKUNTANSI (SISAN) yang merupakan kegiatan ilmiah untuk menyajikan makalah hasil-hasil penelitian dalam bidang akuntansi sektor swasta, sektor publik dan bidang pendidikan. SISAN-UMY 2012 ini mengangkat tema The Role of Accountants in Turbulence Condition

C.   Tujuan Kegiatan
SISAN-UMY 2012 bertujuan mengembangkan ilmu dan praktik akuntansi berbasis riset, dan mengasah kemampuan para akademisi, mahasiswa, dan praktisi dalam melakukan riset dalam bidang akuntansi. Secara khusus SISAN-UMY 2012 bertujuan :
  1. Menyediakan wadah komunikasi ilmiah untuk memaparkan hasil penelitian (studi empiris) akuntansi dalam suatu forum ilmiah;
  2. Mengembangkan minat pendidik, mahasiswa, dan praktisi untuk melakukan penelitian dalam bidang akuntansi;
  3. Mendorong perkembangan kualitas penelitian akuntansi di Indonesia;
  4. Menemukan relevansi teori dan hasil riset akuntansi dalam praktik sektor swasta dan sektor publik.

D.   Bidang Kajian
Bidang kajian hasil penelitian yang akan dipresentasikan dalam simposium ini meliputi (tetapi tidak terbatas pada):
  1. Akuntansi Keuangan dan Pasar Modal
  2. Akuntansi Manajemen dan Keperilakuan
  3. Akuntansi Sektor Publik
  4. Sistem Informasi, Pengauditan dan Etika Profesi
  5.  Perpajakan
  6.  Akuntansi Syariah
  7.  Pendidikan Akuntansi
  8. Corporate Governance

E.   Peserta SISAN-UMY 2012
Bidang kajian hasil penelitian yang dibahas dalam simposium ini sangat strategik dalam pengembangan pendidikan, praktik akuntansi swasta dan sektor publik, maka simposium sangat layak untuk diikuti 200 peserta yang terdiri dari:
1.    Peneliti
2.    Mahasiswa S1, S2, S3
3.    Akademisi
4.    Pejabat pemerintah dan sektor publik
5.    Praktisi bisnis 

F.   Jenis Kegiatan
SISAN-UMY 2012 memiliki agenda acara sebagai berikut:
I    Seminar Internasional
Plenary Session
Kegiatan ini akan menampilkan pembicara ahli bidang akuntansi dari Malaysia.
II   Simposium Nasional
Concurrent Session
Kegiatan ini membahas hasil-hasil penelitian bidang akuntansi yang dinyatakan lolos atau dapat diterima untuk dipresentasikan dalam simposium, sesuai dengan bidang kajian penelitian yang ditetapkan.

Waktu & Tempat Pelaksanaan
Lihat disini http://sisan.umy.ac.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar