Senin, 24 Oktober 2011

AGENDA PERTEMUAN APSA PTM Se Indonesia UMSU, 27-28 Januari 2011


Agenda Utama
1.       Rapat Anggota APSA PTM.
2.       Diskusi Ilmiah

Rapat Anggota APSA PTM
1.       Pengelolaan APSA PTM
2.       Review Prioritas Program
3.       Pertemuan APSA PTM Juni/Juli 2011.
4.       Issue

A.      Pengelolaan APSA PTM
                     i.         Problem
                              i.      Kehadiran Anggota masih kurang, yang disebabkan kemandirian pendanaan prodi masih rendah.
                            ii.      Partisipan pembicara ilmiah masih kurang, Disebabkan budaya ilmiah anggota masih kurang dan sosialisasi masih kurang
                           iii.      Sarana komunikasi belum intens.
                   ii.      Solusi.
                              i.      Diusahakan kemandirian anggaran prodi dan perencanaan kegiatan partisisipasi dalam APSA dalam anggaran tahunan.
                            ii.      Dorongan penulisan karya ilmiah dari pendanaan hibah, pelatihan penulisan karya imiah dan pamnafaatan jurnal ilmiah APSA PTM.
                           iii.      Optimalisasi pemanfaatan Blog APSA PTM.
B.      2. Review Prioritas Program
                     i.         Akreditasi Program Studi
                              i.      Share materi Borang.
                            ii.      Share Pengalaman penyusunan borang.
                           iii.      Pendampingan trik dan tip Penyusunan Borang serta visitasi akreditasi.
                   ii.         Pengelolaan dan kerjasama Jurnal Ilmiah.
                              i.      Share informasi pengelola, alamat dan pertukaran artikel ilmiah untuk saling mengisi jurnal ilmiah.
                            ii.      Share dan kerjasama mitra bestari.
                           iii.      Pelatihan bersama, pengelolaan Jurnal Ilmiah.
                  iii.         Penyusunan Kurikulum berbasis KBK
                              i.      Share dokumen.
                            ii.      Share Pengalaman penyusunan Kurikulum.
                           iii.      Pelatihan bersama penyusunan kurikulum berbasis KBK.
  iv.         Rapat Anggota APSA PTM
               i.      3. Kandidat Pertemuan APSA PTM Juni/Juli 2011 di.
    v.          Issue
                  i.   Gelar Kesarjanaan Prodi Akuntansi (Kepmendiknas no 178/U/2001, Bab III, Pasal 7. (1) penetapan gelar berdasarkan bidang keahlian. (2) Bidang keahlian untuk gelar akademik merupakan program studi.
                ii.   Al ternatif gelar: S.Ak.
               iii.   Materi Press Release
a)   Pemberantasan korupsi dilakukan secara aktif, tidak pasif.
b)   Penyidikan tindak pidana korupsi secara luas dan dapat dilakukan dengan sistim pengujian terbalik.
c)    Setiap pejabat yang diduga menyalahgunakan jabatan wajib dapat membuktikan asal kekayaan yang dimilikinya.

DISKUSI MASUKAN RAPAT
a.    Jen Surya (UM  Aceh/Unmuha)
            i.      Pengelolaan keuangan  prodi di UM Aceh masih belum otonom.
          ii.      Sosialisasi masih sangat kurang.
         iii.      Untuk Pertemuan yang akan datang, undangan ke Dekan yang juga ditujukan ke ketua Jurusan.
        iv.      Ada keterlibatan jurusan dalam penyusunan kegiatan dan anggaran.
          v.      Setuju Blog dan materinya, termasuk profile prodi. Usulan .
        vi.      Bagaimana Uploadnya. Apakah terpusat dipengurus Apsa atau user dan Password diserahkan kepada semua anggota.
       vii.      Setuju dengan gelar baru, perlu nama yang tidak complicated dengan gelar profesi Ak (Akuntan)
     viii.      Pertukaran dokumen borang akreditasi sangat penting. Rekomendasi penunjukkan kaprodi mempertimbangkan periodisasi reakreditasi. Setuju sharing untuk menghadapi asesor.
        ix.      Press Release pengujian terbalik yang kedua tdk perlu, kecuali terkait langsung dengan akuntansinya sbg staff ahli bukan ke aspek hukumnya.
          x.      NGO sudah mendekati PT untuk memasukkan materi anti korupsi.
b.   Birton (UMJ)
               i.   Eksistensi: Jurnal ilmiah dikelola oleh APSA untuk di share milik bersama anggota APSA.
             ii.   Eksistensi: Apakah perlu di formalisasi, seperti dalam Membentuk AD ART, yang mengatur pertemuan rutin, periodisasi, wajib/sunnah untuk hadir. Mana jadwal yang sunnah dan mana yang wajib.
            iii.   Publikasi eksternal: Terlihat sama dengan pengelolaan jurnal ilmiah.
           iv.   Pertemuan Juni/Juli merupakan bagian dari pertemuan wajib anggota APSA.
             v.   Sosialisasi Agenda acara pertemuan APSA PTM.
           vi.   Prioritas program: setuju akreditasi, spt misi apsa mendorong semua anggota berakreditasi Minimal B.
          vii.   Isue IFRS: Dimana letak konten materi PSAK berbasis IFRS, meskipun beberapa lebih fokus ke PSAK ETAP. Kajian IFRS cenderung parsial per PSAK, tdk dikaitkan dengan internalisasi ke dalam kurikulum.
        viii.   Sbagai AUM perlu konsern ttg keuangan syariah.
           ix.   Isue gelar kesarjanaan akuntansi perlu diangkat, karena.
             x.   Press release yang ke 2 cenderung wilayah hukum, sehingga kurang relevan krn lebih ke Hukum
           xi.   Isue ETAP, IFRS dan PSAK syariah
c.    Elizar (UMSU)
               i.   Apakah ada kesamaan kurikulum, harapannya memiliki kurikulum yang sama.
             ii.   UMSU banyak mengacu ke PT lain yg dianggap bagu, spt UI dan UGM.
            iii.   SKS keislaman dan kemuhammadiyahah dinilai terlalu banyak.
d.   Yatno (UM Metro).
               i.   Komunikasi dengan antara Kaprodi dgn APSA ketika ada pergantian kepengurusan.
e.   Hardi (UM Tanggerang).
         i.   Bagaimana menumbuhkan komitmen anggota dan sosialisasi ke semua anggota.
f.     Mukhyarsyah (UMSU)
i.         Dibuat MOU antar lembaga yang bekerjasama.
j.        Leni (Luwuk)
       ii.   Lamaran untuk menjadi tuan rumah di Luwuk, ditunda dahulu,
      iii.   Mohon bantuan kekuarangan SDM dosen akuntansi yang minimal S2.


HASIL KEPUTUSAN SEBAGAI REKOMENDASI APSA
1.       Ad ART dibuat draftnya,  yang akan disahkan dalam pertemuan di UM Gresik yang berisi :periodisasi  4 tahun hak dan kewajiban, keanggotaan dlsb.
2.       Moderator Blog APSA dipegang oleh: Pengurus harian.
3.       Pertemuan apsa rutin: 2 kali setahun, bersamaan dengan forum dekan.
4.       Blognya terpisah mandiri dari PTM, selama ini masih menyatu dalam blog umy.
5.       Ke Forum Dekan: Porsi waktu 1 hari penuh untuk APSA dan isu akuntansi ditambah.
6.       Isue gelar kesarjanaan lulusan sarjana akuntansi setuju untuk diangkat dan sebarkan.
7.       Press release yang datar dan yang ber “greget”, topik terkait gelar, akreditasi  & Akreditasi.
8.       Untuk kemudahan teknis, acara APSA dilaksanakan bersama Fordek.
9.       Struktur pengelola kegiatan Pertemuan APSA PTM: SC pengurus harian, OC dari tuan rumah.
10.   Setting skedule artikel dan forum ilmiah dikelola oleh tuan rumah, dengan pembagian topik:
               i.      Keuangan (Umum dan Syariah)
             ii.      Akuntansi Manajemen.
            iii.      Sekor Publik dan Pajak.
           iv.      Auditing dan Sistim
             v.      Isue Kontemporer.
11.   Untuk proceeding forum ilmiah dapat berupa data digital yang ber ISBN.
12.   Forum APSA berikutnya di (ikut keputusan forum Dekan) yaitu di UM Gresik, Bulan Oktober 2011.
13.   Acara APSA Minimal:
                  i.   Pembekalan topik hangat.
                ii.   Forum Ilmiah
               iii.   Rapat Anggota.
14.   Acara menyatu dengan forum dekan, yang menyebutkan acara pertemuan prodi akuntansi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar